Ramadhan19 ; 1438H

Bos gw meninggal!

She is just 35 y/o! married with 4 or 5 y/o child. Meninggal, begitu saja, gegara ketabrak pas mo nyebrang jalanan depan kantor. Tidak perlu waktu lama atau sakit bla bla bla… she is gone,  just like that. 

Moment itu yang paling gw inget dari 2016 lalu, pas tengah tahun 2016 yang buat gw kalem kalem aja. Shocking news banget, dan mendadak gw jadi paham dan semua  jadi make sense, Bahwa semua yang kita punya di dunia, ngga satupun yang akan dibawa ketika kita masuk alam kubur.

Sejauh apapun kita planning buat hidup kita, sampai kita (re:saya) lupa planning life after life. Kita bisa planning kapan kita lulus kuliah, menikah, punya anak, mungkin ada yang stress karena yang diinginkan belum juga terjadi (re : saya), sampai terlupa bahwa the real life adalah nanti, yaitu after life.

Rasulullah bersabda :

“Ada tiga perkara yang mengiringi mayat. Yang dua kembali, sedangkan yang satu tetap tinggal bersamanya. Mayat diiringi keluarganya,hartanya, dan amalnya. Keluarganya, hartanya dan amalnya. Keuarga dan hartanya kembali . sedangkan amalnya tetap mengiringinya.” (HR.al-Bukhori dan Muslim)

Jangankan harta, keluarga yang kita sayang sayang banget, bela belain banget, ngga bakalan kok nemenin di alam kubur, bahkan untuk stay any longer di makam kita nant they probably wouldn’t, mungkin hanya beberapa jam saja. Man! This is so real!  I saw everybody started to leave her alone waktu itu.. 

Allah Swt, Berfirman:

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَن ذِكْرِ اللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Artinya :

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi” (QS.al-Munafiqun [63]:9)

Kejadian itu jadi cambuk buat gw juga yang selama ini agamanya masih maju mundur, tamparan telak buat gw yang imannya masih tipis, sholat masih ngga khusyu kadang molor dan masih banyak dosa dosa lain besar kecil yang ngga keitung. Peristiwa meninggalnya atasan gw itu bener bener menjadi peristiwa yang bisa jadi merubah mindset gw tentang hidup.

Usia ngga ada yang tahu…

Sering banget gw denger kalimat itu dan ignore aja gitu, tapi, kali ini gw berasa banget, dan it so real, kemarin kita masih becanda, ah, ngga usah kemarin yang diingat, sore hari sebelum beliau pergi, masih ketawa tawa, ngobrol ama kita, coba bayangkan kalau kita tahu bahwa usia kita cuman sisa 2 jam lagi? mo ngapain kita? Apakah sudah seimbang perbuatan buruk kita dengan perbuatan baik kita?

 

Beberapa waktu lalu, ngedengerin ceramah Ust. Adi Hidayat, beliau menyebutkan, bahwa segala hal yang kita kerjakan untuk aspek dunia, hanya akan melekat pada aspek dunia saja. So true, pekerjaan dan karir kita mungkin segalanya, tapi ketika meninggal, yang datang bisa jadi cuman papan bunga duka citanya saja….

Ramadhan hari ini sudah masuk hari ke 19, Ya Alloh… cepet banget bulan ini,, ngga kerasa minggu depan sudah lebaran.. minggu ini pasti sudah pada sibuk belanja, persiapan lebaran, dan sedih kalau melihat shaf sholat taraweh di mesjid sudah makin menyusut…berasa banget dengan ketika awal ramadhan, masjid rame, infaq rame, terlihat sekali banyak sekali orang baik di muka bumi ini.

Semoga ramadhan bisa membuat kita (re: saya) berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi tidak hanya pada bulan ramadhan, ketaatan dan keimanan yang bertambah, dan membuat semangat kita bertambah untuk mencari ilmu agama yang akan kita bawa ke akhirat nantinya.

Demi-Masa-696x696

 

Leave a Reply

